8

TOKOH DALAM KONFERENSI MEJA BUNDAR

BIODATA TOKOH SEJARAH
Nama: R.A. Roebiyadi Poespitasari
TTL: Semarang 12 Maret 1940
Agama: Islam
Jenis kelamin: perempuan
Pekerjaan: ibu rumah tangga

PERISTIWA YANG DIALAMI TOKOH
Nama peristiwa: Konferensi Meja Bundar
Lokasi: Den Haag, Belanda
Jangka Waktu: 23 Agustus - 2 November 1949

LATAR BELAKANG
Usaha untuk meredam kemerdekaan Indonesia dengan jalan kekerasanberakhir dengan kegagalan. Belanda mendapat kecaman keras dari dunia internasional. Belanda dan Indonesia kemudian mengadakan beberapa pertemuan untuk menyelesaikan masalah ini secara diplomasi, lewatperundingan Linggarjati, perjanjian Renville,perjanjian Roem-van Roijen, dan Konferensi Meja Bundar.

Setelah Indonesia berhasil menyelesaikan masalahnya sendiri dalam konferensi Inter-Indonesia, kini bangsa Indonesia secara keseluruhan telah siap menghadapi Konferensi Meja Bundar (KMB). Sementara itu pada bulan Agustus 1949, Presiden Soekarno sebagai Panglima Tertinggi di satu pihak dan Wakil Tinggi Mahkota Belanda dipihak lain, mengumumkan pemberhentian tembak-menembak. Perintah itu berlaku efektif mulai tanggal 11 Agustus 1949 untuk wilayah Jawa dan 15 Agustus 1949 untuk wilayah Sumatera.pada tanggal 4 Agustus 1949 pemerintah Republik Indonesia menyusun delegasi untuk menghadiri KMB yang terdiri dari Drs Moh.Hatta (Ketua), Mr. Moh.Roem, Prof. Dr. Soepomo, dr.J.Leimena, Mr. Ali Sastroamidjoyo, Mr. Suyono Hadinoto, Dr. Sumitro Djojohadikusumo, Mr. Abdul Karim Pringgodigdo.

PROSES
Konferensi Meja Bundar diselenggrakan di Den Haag, Belanda pada tanggal 23 Agustus sampai dengan tanggal 2 November 1949. Delegasi Indonesia dipimpin Drs. Moh Hatta, BFO dipimpin oleh Sultan Hamid II dari Pontianak KMB dan delegasi dari Belanda dipimpin oleh Mr. VanMarseveen. Dari PBB dipimpin oleh Crittchlay.

Pada tanggal 2 November 1949 perundingan diakhiri dengan keputusan sebagai berikut :
  1. Keradjaan Nederland menjerahkan kedaulatan atas Indonesia jang sepenuhnja kepada Republik Indonesia Serikat dengan tidak bersjarat lagi dan tidak dapat ditjabut, dan karena itu mengakui Republik Indonesia Serikat sebagai Negara yang merdeka dan berdaulat.
  2. Republik Indonesia Serikat menerima kedaulatan itu atas dasar ketentuan-ketentuan pada Konstitusinja; rantjangan konstitusi telah dipermaklumkan kepada Keradjaan Nederland.
  3. Kedaulatan akan diserahkan selambat-lambatnja pada tanggal 30 Desember 1949

Rantjangan Piagam Penjerahan Kedaulatan

AKIBAT
Tanggal 27 Desember 1949, pemerintahan sementara negara dilantik.Soekarno menjadi Presidennya, dengan Hatta sebagai Perdana Menterimembentuk Kabinet Republik Indonesia Serikat. Indonesia Serikat telah dibentuk seperti republik federasi berdaulat yang terdiri dari 16 negara yang memiliki persamaan persekutuan dengan Kerajaan Belanda.

PERAN TOKOH DALAM PERISTIWA KONFERENSI MEJA BUNDAR
Beliau sebagai pendamping peserta KMB di Den Haag

8 comments:

Anonymous said...

Dengan Hormat,

Saya Markus Horizon dengan, ini saya menyatakan sebagai presiden Indonesia ketiga pasti anda semua tidak percaya bahwa saya adalah pemain sepak bola timnas Indonesia.

Anonymous said...

@Anon di atas: Boong.. Gak percaya.. :@ http://lh5.ggpht.com/_qadpUUgfbYI/Sd4rIPIq1nI/AAAAAAAAArk/MjFHWFS5LhE/angry.png

Anonymous said...

saya sby
jokowi gimana ko jadi banjir kalo tidak saya peca

Anonymous said...

:mj
:vD

Anonymous said...

67uy

Anonymous said...

Halo smua nama saya budiyanto dan saya akan menjadi presiden tahun 2044

Anonymous said...

:mj

AsianBrilliant and SmartSukses said...

Teman - teman kesulitan untuk Belajar Komputer karena kesibukan? kini kami memfasilitasi kursus komputer jarak jauh via online, silahkan kunjungi website kami di asianbrilliant.com, Master Komputer, Kursus Online, Kursus Jarak Jauh, Kursus Programming, Kursus Desain Grafis

Ayah, Bunda..butuh guru untuk mengajar anak-anak dirumah ? kami memfasilitasi 1000 guru untuk anak-anak ayah dan bunda datang kerumah, silahkan kunjungi website kami di smartsukses.com, Bimbingan Belajar, Les Private, Les Privat, Les Private Mata Pelajaran, Guru Datang Ke Rumah, Guru Private

Post a Comment

Back to Top